mitologi jiraiya.. orochimaru.. tsunade

Ternyata tokoh Jiraia, Tsunade, dan Orochimaru tidak hanya ada di dalam kisah Naruto, tetapi juga dalam mitologi Jepang. Seperti dalam serial anime Naruto kalian pasti bisa menebak mana tokoh antagonisnya? Yuup...! Bener banget, Orochimaru! Ternyata nih orang dimana-mana selalu jadi antagonis.

Jiraia (dalam bahasa inggrisnya young thunder, kalau dalam bahasa indonesianya artikan sendiri ya...) merupakan tokoh utama dalam mitologi Jepang Jiraiya Goketsu Monogatari (kisah Jiraia sang pemberani) adalah seorang ninja (ya ninja...) yang menguasai sihir perubah wujud, sihir ini dapat membuat dirinya berubah wujud menjadi seekor katak raksasa (yah seperti Gamabunta kali ya?). Jiraia merupakan seorang ahli waris dari sebuah klan terkuat di Kyusu.

Dikisahkan Jiraia jatuh cinta dengan Tsunade, seorang puteri muda yang menguasai sihir siput (di kemudian hari Tsunade akhirnya menjadi istrinya Jiraia), sedangkan musuh bebuyutan dari Jiraia ini adalah Orochimaru yang notabene adalah mantan pengikut Jiraia yang berkhianat, seperti dalam kisah Naruto Orochimaru menguasai sihir ular.

Nama asli dari Orochimaru adalah Yashagoro dulunya dia adalah pengikut Jiraia yang sangat setia. Namun setelah dia menguasai sihir naga dia berbalik menjadi penghianat. Jika Jiraia dapat mengubah dirinya menjadi seekor katak raksasa maka setelah menguasai sihir naga Orochimaru dapat mengubah dirinya menjadi seekor ular raksasa (naga).

Orochimaru kemudian menyerang Jiraia dan istrinya, dengan menggunakan racun yang mematikan akhirnya Orochimaru dapat mengalahkan mereka tapi untung saja nyawa keduanya dapat diselamatkan oleh pengikut-pengikutnya yang masih setia. Nama Orochi juga digunakan untuk menyebut makhluk legenda Jepang yang berbentuk ular dengan 8 kepala dan 8 ekor (Yamata no Orochi).

Nah.. gimana? Seru juga kan nonton Naruto? Kita nggak hanya bisa dapat hiburan dari film animenya yang keren, tapi juga bisa belajar tentang berbagai mitos yang ada di negeri asalnya Naruto. Sambil menyelam minum air juga nangkep ikan, begitu lah kira-kira! ^___^ v