anbu

ANBU adalah pasukan elit pembunuh rahasia yang ditugasi untuk melakukan misi yang super berbahaya. Ketika melakukan misi, mereka tidak memakai nama dan tidak boleh melepas topengnya. Para anbu biasa bertindak sebagai mata-mata, Oinin ( ninja pemburu ), pemusnah mayat, pembunuhan rahasia, inteljen desa, maupun perlindungan terhadap hokage. Mereka juga kebagian tugas menghadapi ninja kelas S yang kebanyakan ninja tidak ingin melawannya.
ANBU merupakan singkatan kepada perkataan ANsatsu Senjutsu Tokushu BUtai ( Pasukan Pembunuhan dan Taktikal Khas). Perkataan ANBU merupakan singkatan nama atau akronim seperti SWAT, di mana dua perkataan kanji digunakan sebagai nama unit tersebut berbanding menggunakan nama penuhnya.

Hatake Kakashi menyatakan bahwa semua ahli ANBU diajar untuk memahami setiap fungsi bagian badan manusia.
anggota rata2 jounnin,anbu melakukan misi rank A/S tugas dgn tingkat kesulitan yg paling tinggi
tugas lain adalah melindungi hokage...
mereka memakai topeng dan identitas mereka saat bertugas sangat di rahasiakan,dan biasanya memakai code name,seperti yamato...
Kakashi masuk tim anbu di umur 16 tahun, sementara itachi menjadi anbu pada umur 13 tahun dan menjadi ketua pada umur 15 tahun. Para anbu bergerak secara misterius dan diam-diam. Para ANBU biasanya terdiri dari para Jounin. Di konoha, ada divisi anbu yang terpisah dan bergerak lebih rahasia lagi yang diberi sebutan ANBU "Roots" . Mereka dididik untuk menjadi mesin perang sempurna dan tanpa perasaan. Sai adalah anggota divisi ini. Mereka tidak punya nama, perasaan, rumah, keluarga, yang mereka punya hanyalah misi; itulah motto dari "roots"
Tapi kita adalah ANBU dgn misi kedamaian.